cara menghilangkan jerawat


Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.
Cara Merawat Wajah Berjerawat
Untuk menghindari agar jerawat tidak bertambah banyak, penderita jerawat harus benar-benar komitmen melaksanakan tips merawat wajah berjerawat berikut ini:
  • Jangan terlalu sering menyentuh atau memegang bagian jerawat karena tangan adalah bagian tubuh yang penuh dengan bakteri. Sering menyentuh jerawat dapat mengakibatkan jerawat tumbuh subur. Walau berat, cobalah menghindari hasrat untuk menyentuh wajah
  • Jangan memecah jerawat, apalagi keadaan jerawat masih baru tumbuh, karena hal ini dapat menyebabkan peradangan kulit dan menyebabkan noda hitam bekas jerawat.
  • Usahakan untuk selalau menjaga agar kulit wajah selalu bersih dari kotoran, baik pagi, sore, dan malam hari yang cocok dengan kondisi kulit.
  • Hindari pemakaian bahan perias wajah atau kosmetik sebelum tidur.
  • Kompres jerawat dengan handuk hangat. Celupkan handuk pada air hangat, peras airnya. Kemudian selubungi wajah anda dengan handu hangat tadi. Ini akan membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan segala kotoran yang ada
  • Cukupi kebutuhan minum air putih dan olahraga. Air putih adalah pencegah jerawat yang efektif. Air putih dapat mengeluarkan kotoran dan racun dalam tubuh dalam bentuk keringat, air seni, dan feses. Dengan dibarengi olahraga yang teratur misalnya jogging di pagi hari maka proses detoksifikasi tubuh akan berjalan lancar sehingga darah kotor bisa terbuang.
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Obat Alami
Banyak tips cara mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan obat alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Berikut cara menghilangkan jerawat menggunakan obat alami:
1.      Siapkan 2 atau 3 lembar daun pepaya yang sudah tua
  1. Jemur daun pepaya hingga kering.
  2. Campurlah daun pepaya tersebut dengan air secukupnya, lalu dilumatkan dan diperas untuk diambil sarinya.
  3. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.
Tips dan Cara menghilangkan Jerawat secara alami
Untuk membuat para remaja tidak salah jalan dalam memilih cara menghilangkan jerawat, maka saya akan memberikan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa menggunakan obat yang berbahaya bagi kesehatan wajah dan kulit. Cara ini sangat ampuh saya terapkan pada wajah saya mengingat saya juga pernah mengalami dimana saya memiliki banyak sekali jerawat bertebaran di wajah saya. cara menghilangkan jerawat secara alami :
1.     Jaga jenis makanan yang di konsumsi, beberapa jenis makanan ternyata berpengaruh besar terhadap pertumbuhan jerawat di wajah, makanan yang mengganggu proses pencernaan akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Para remaja kebanyakan menyukai makanan yang pedas sehingga mengganggu proses pencernaan di usus.
2.     Jaga selalu kebersihan wajah, kotoran yang menempel di wajah berperan penting terhadap pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah. Orang yang tiak membersihkan wajahnya dari make up ketika tidur lebih rentan terkena jerawat dibandingkan mereka yang tidak menggunakan make up. Bakteri jerawat akan dengan mudah tumbuh jika kulit tertutup oleh make up. Membersihkan wajah sebelum tidur adalah cara yang sangat ampuh mencegah tumbuhnya jerawat di wajah. walaupun demikian membersihkan wajah terlalu sering juga akan membuat kulit menjadi kering dan kasar. Membersihkan wajah cukup 2 kali sehari.
3.     Bunuh jerawat menggunakan air ludah. Tanpa anda sadari air ludah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Mungkin banyak yang tidak percaya pada hal ini atu juga ada yang merasa jijik menggunakannya. Di dalam air ludah manusia terdapat zat yang dapat membunuh bakteri jenis apapun, maka dari itu ketika terjadi luka di bagian lidah manusia biasanya hanya terjadi pendarahan beberapa menit saja, kemudian dalam 1 hari luka tersebut sudah langsung sembuh karena terkena air ludah secara terus menerus. Beberapa jenis hewan-hewan tertentu biasanya menggunakan air ludah mereka untuk mengobati luka di tubuh mereka. Cara menggunakan air liur sebagai pengobat jerawat adalah cukup dengan mengoleskan sedikit air liur kita ke bagian jerawat secara langsung. Saya sering sekali melakukan hal ini , ketika sebuah jerawat timbul maka dengan segera saya mengoleskan air liur saya ke bagian yang tumbuh jerawat tersebut, hasilnya hanya 2-3 hari kemudian jerawat tersebut mengempis dan tidak sampai mengeluarkan nanah seperti kebanyakan orang.
http://forum.kompas.com/medis/139948-cara-menghilangkan-jerawat-secara-alami.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar